English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, September 20, 2014

6 Risiko Membahayakan bagi Anda yang Kurang Tidur

Kurang Tidur

1. Risiko kanker

Penelitian awal telah menghubungkan kurang tidur dengan penyakit usus besar dan kanker payudara. Tidur kurang dari enam jam sehari, dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan polip di usus besar yang bisa menjadi tumor atau kanker di lain waktu.

Studi awal juga menunjukan bahwa paparan cahaya di malam hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan menghambat waktu produksi melatonin.

2. Empat kali risiko stroke

Bahkan tanpa adanya faktor risiko lain seperti obesitas atau turunan dari keluarga, individu yang tidur kurang dari enam jam di malam hari, memiliki risiko tinggi menderita stroke.


3. Risiko diabetes

Orang yang kurang tidur memiliki kesempatan besar mengembangkan resistensi insulin, yang menandakan bahwa tubuh kehilangan kemampuan untuk menggunakan insulin secara efektif. 

4. Obesitas

Tidur kurang membuat kita menginginkan makanan berkalori tinggi dan berminyak. Bila ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, berdampak pada terjadinya obesitas. 

Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat dengan porsi yang lebih banyak, meningkatkan produksi ghrelin dan menurunkan leptin, hormon yang membantu menjaga asupan makanan.


5. Risiko penyakit jantung

Orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam semalam, memiliki kesempatan 48 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung. Kurang tidur berakibat pada menaiknya tekanan darah yang bisa memicu munculnya serangan jantung koroner.

6. Kecelakaan lalu lintas

Tidur kurang menyebabkan kelelahan dan mengalami beragam gangguan yang berisiko terjadinya kecelakaan di saat kita menyetir kendaraan. Bila merasa tidur kurang, ada baiknya Anda menjauhi kemudi, dan beristirahatlah.


No comments:

Post a Comment